Sunday 6 May 2007

The Art of Convincing Others - Version 2.0

Seni mempengaruhi Orang

Catatan Penulis:
Setelah mendapat masukan dari beberapa rekan, judul yang sama ditulis dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti ditambah dengan beberapa contoh untuk memberikan pengertian bagian tertentu yang dirasa perlu.


Sebelum diterjemahkan secara bebas, seni mempengaruhi orang ini selayaknya dipergunakan untuk tujuan yang saling menguntungkan semua pihak, tidak hanya kepentingan pribadi atau sepihak.

Pada tulisan Career Life Cycle, dituliskan bahwa pengaruh adalah sesuatu yang dibangun; kemampuan mempengaruhi orang lain adalah hasilnya yang merupakan konsekuensi logis dari proses pembelajaran tsb.

Apa sih pengaruh itu?
Pengaruh adalah kumpulan ide yang dilaksanakan dalam tindakan nyata karena dipercaya banyak orang sebagai ide yang benar dan baik apabila dijalankan.

Contohnya?
Menyuntikkan ide kepada rekan-rekan kerja untuk memulai ”English Day” di salah satu hari kerja dengan tujuan memperlancar keahlian berkomunikasi dalam bahasa Inggris untuk menunjang kemajuan karir. Ide ini diterima dan dilaksanakan awalnya dengan konsistensi seadanya, namun dengan dorongan, teladan dan praktek yang terus menerus pada akhirnya program ini dapat dijalankan dengan nilai cukup.

Contoh di atas adalah salah satu ide yang mampu mengkondisikan lingkungan dalam mengkondisikan diri menjadi pribadi yang berpengaruh. Tentu saja hanya dengan satu ide yang berhasil tidak otomatis membuat seseorang berpengaruh. Oleh sebab itu mengemukakan ide positif secara terus menerus membantu membangkitkan pengaruh dalam lingkungan sekitar. Inilah yang disebut membangun pengaruh.

Membangun pengaruh dengan mengkondisikan lingkungan memiliki tantangan tersendiri. Pengaruh akan datang dan pergi seiring dengan level tindakan, pikiran, dan ucapan yang diperlihatkan dalam keseharian. Pengaruh tidak datang dalam waktu singkat tapi besar kemungkinan akan pergi dalam sekejap oleh setitik ketidak serasian tindakan, pikiran atau ucapan.

Mempengaruhi orang untuk sependapat, mendukung, hingga sepenuh hati menjalankan tujuan bersama membutuhkan ketulusan, komunikasi yang baik, serta tujuan akhir yang benar untuk kepentingan dan kemajuan bersama.

Salah satu action item untuk mendapatkan kesepakatan banyak orang adalah dengan mengemukakan itikad baik, konsep yang didukung logika yang benar, mewakili kebenaran dan kepentingan banyak orang, memperjuangkan kemajuan.

Kalau begitu tentunya seseorang yang memperjuangkan kemampuan mempengaruhi orang lain wajib memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, dapat melihat masalah dari berbagai sudut pandang, memiliki pengetahuan dan informasi yang memadai, serta membangun pengaruh.

Semua kemampuan di atas sudah barang tentu memerlukan proses pembelajaran yang berkesinambungan dengan penuh semangat dan senantiasa dapat mempraktekkan kemampuan berubah – baca artikel Eagerness to Change.

Di luar ini, kesepahaman akan mudah tercemari dengan pengaruh lain dengan arah dan hasil yang bervariasi.
Seseorang sebagai pribadi tidak mungkin dapat menyenangkan semua orang, pastilah ada satu atau beberapa orang yang tidak menyenangi cara atau pendekatan yang dilakukan, salah satu penyebabnya adalah kacamata pandang yang berbeda, agenda yang berbeda, atau arah dan visi yang berbeda. Hal ini merupakan kelumrahan yang manusiawi. Adalah penting bagi semua orang yang hendak membangun pengaruh untuk tetap mewaspadai hal-hal yang tidak mengarah pada apa yang diinginkan.

Mempengaruhi orang di sekitar kita juga memberikan arti pentingnya energi yang dicurahkan kepada lingkungan sekitar; besarnya energi yang dicurahkan kepada lingkungan sekitar menunjukkan berapa besar perhatian dan pengaruh yang ditebarkan.
Memang benar hasil adalah sesuatu yang di luar kontrol, namun pengaruh positif akan menghasilkan sesuatu yang positif, selayaknya hukum aksi reaksi.

Yang dimaksudkan dengan energi dalam bentuk nyata dapat dilaksanakan dengan bekerja dengan baik, berkomunikasi dengan baik, beritikad baik, yang secara terus menerus ditebarkan kepada lingkungan sekitar, niscaya anda akan mendapatkan pengaruh yang berkecukupan untuk meyakinkan orang.

Untuk tanggapan, saran, dan komentar, hubungi kiki.wibowo@gmail.com

No comments: