Sunday 21 January 2007

Eagerness to Change - Keinginan Berubah - Version 1.0

Banyak versi tulisan dengan topik yang sama, Change – berubah, banyak aspek pernah ditulis orang; tulisan ini barangkali bisa sebagai pelengkap kalau bukan tambahan.

Berubah saya artikan menjalankan segala sesuatu yang berbeda dari kondisi sebelumnya dengan tujuan menghasilkan sesuatu yang lebih baik di masa yang akan datang.

Ada aspek perubahan yang “controlable” dan “uncontrolable”, faktor yang controlable lebih kepada aspek internal dari pribadi, ini yang akan disorot; sisanya adalah aspek eksternal yang mempengaruhi diri pribadi namun sulit dikendalikan.

Kunci mengendalikan diri menyongsong perubahan adalah menempatkan diri dengan baik dan benar; istilahnya Positioining sambil terus mencari peluang dan kesempatan maju.

Tips yang dapat dibagikan di sini diantaranya:

  1. Meningkatkan dan mempertahankan semangat positif termasuk awareness dalam memahami peran dan tindakan yang dibutuhkan
  2. Memberikan yang terbaik sebagai bentuk Respect & Care (Hormat & Perhatian) terhadap kemajuan diri pribadi – menjadi profil pribadi yang dicita-citakan
  3. Menjadi teladan bagi diri pribadi, menampilkan prestasi terbaik sebagai persiapan menjadi pribadi yang memiliki Influence (pengaruh); penghargaan dalam bentuk Trust (kepercayaan) akan menjadi milik anda sebagai langkah selanjutnya menuju tangga kesuksesan.

Keinginan berubah yang selalu didasari keinginan untuk selalu maju, berkembang dan berperngalaman menjadi lebih baik memberikan kesempatan belajar yang terbuka lebar menjadi profil yang berperformansi tinggi.

Dalam perjalanan berikutnya, saran, kritik, dan bahkan pujian seyogyanya diterima dengan lapang dada. Tidak terlalu bangga kalau dipuji dan tidak sakit hati kalau dikritik dan dicela. Keahlian dalam mengatur kestabilan emosi memberikan nilai tambah besar dalam mengatasi tantangan dalam proses perubahan.

Seandainya ada komentar dan masukan, saya dapat dihubungi di email: kiki.wibowo@gmail.com

End of Blog

No comments: